Rapat Focus Group Discussion (FGD) Hasil Evaluasi RPJPD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2005-2025


Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Tapanuli Utara menggelar rapat Focus Group Discussion (FGD) Hasil Evaluasi RPJPD Tahun 2005-2025. Kegiatan ini berlangsung di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2023. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Drs.Indra S.H Simaremare, M.Si yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Marihot Simanjuntak, ST, M.Sc.  Dalam sambutannya beliau mengatakan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) adalah Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah untuk periode 20 tahun yang memuat  visi, misi, dan arah pembangunan daerah yang mengacu pada RPJP Nasional. Beliau berharap hasil evaluasi ini dapat memberikan gambaran tentang hasil pencapaian kinerja pembangunan daerah yang telah dilaksanakan dan sebagai pembelajaran untuk perbaikan kegiatan pembagunan periode selanjutnya.

Pada rapat FGD tersebut menghadirkan beberapa narasumber  dari akademisi Universitas Sumatera Utara yaitu Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Paidi, SE., M.Si bersama dengan tim, Ishbir Mujahid Adha, SE, M.Si (Dosen Manajemen FEB USU) dan Reza Kurnia Sekedang, SE, M.Si (Dosen Ekonomi Pembangunan FEB USU).  FGD ini diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah beserta Kabid dan Staf yang mewakili dari seluruh Perangkat Daerah se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Adapun tujuan pelaksanaan FGD ini adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan gambaran tentang capaian indikator kinerja RPJPD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2005-2025;
  2. Memberikan gambaran tentang permasalahan dan tantangan yang menyebabkan tidak tercapainya capaian pembangunan daerah dan capaian visi misi pembangunan jangka panjang yang termuat dalam RPJPD; dan
  3. Mendapatkan saran dan penyempurnaan terkait pemenuhan data sesuai dengan Surat Edaran Kementerian dalam Negeri Nomor : 600.2.1/1570/Sj tentang Pelaksanaan Evaluasi terhadap hasil Pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005-2025 serta narasi bagi analisis terhadap capaian kinerja pembangunan yang dievaluasi.