Sosialisasi Pengentrian Renstra dan Renja Perangkat Daerah pada Aplikasi SIPD-RI


Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Tapanuli Utara mengadakan sosialisasi pengentrian Renstra dan Renja Perangkat Daerah pada aplikasi SIPD-RI di Balai Data Bappelitbangda Kabupaten Tapanuli Utara pada hari Selasa (28/03/2023). Sosialisasi pengentrian Renstra dan Renja Perangkat Daerah pada aplikasi SIPD-RI merupakan langkah penting untuk memastikan pemahaman dan partisipasi seluruh pihak terkait dalam proses perencanaan pembangunan daerah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Tapanuli Utara, Luhut Aritonang, S.Sos yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Bappelitbangda, Gregorius M. Banjarnahor, S.Kom, M.Si membuka acara kegiatan sosialisasi pengentrian Renstra dan Renja Perangkat Daerah pada aplikasi SIPD-RI. Dalam kesempatan itu, Sekretaris Bappelitbangda Kabupaten Tapanuli Utara mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta dari Perangkat Daerah yang mengikuti sosialisasi pengentrian Renstra dan Renja tersebut. Beliau menghimbau agar seluruh peserta mempersiapkan dokumen Renstra dan Renja Perangkat Daerah dalam proses pengentrian tersebut. "Untuk itu, sosialisasi ini dapat menjadi pencerahan sekaligus menambah referensi dan pengetahuan bagi semua pihak sehingga tahapan perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Tapanuli Utara menjadi lebih baik," ujarnya.

Sebagai bagian dari sosialisasi, dilakukan demonstrasi praktis mengenai proses penginputan Renstra dan Renja Perangkat Daerah ke dalam aplikasi SIPD-RI. Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda Kabupaten Tapanuli Utara, Ferdinan Sitinjak, ST, MT menunjukkan secara langsung langkah-langkah penginputan data dan informasi ke dalam aplikasi SIPD-RI serta menjelaskan fitur-fitur dan manfaat penggunaan aplikasi SIPD-RI dalam perencanaan pembangunan, serta memberikan contoh pengisian data yang relevan dengan Renstra dan Renja Perangkat Daerah. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, operator SIPD-RI Perangkat Daerah se-Kabupaten Tapanuli Utara dapat melakukan pengentrian Renstra dan Renja secara akurat dan tepat waktu.